Sunday, January 27, 2013

Jasa Freelance Drafter Sruktur Baja


Drafter Struktur Baja - SMS 082223011110
Jasa Freelance Struktur Baja
Jasa Freelance Drafter Sruktur Baja, itu yang saya baca pada iklan di internet, ketika mengetik lowongan drafter struktur baja di mbah google. Ya, saya sedang mencari lowongan kerja yang berkaitan dengan drafter untuk saudara saya yg kebetulan lulusan STM Pembangunan di kampung.



Mungkin masih banyak yang bingung, begitu juga saya ketika mendengar profesi drafter struktur baja. Namun dengan membaca link web yang direkomendasikan mbah google tadi, akhirnya saya ada gambaran seperti apa kerjaan drafter itu. Secara singkat, drafter adalah profesi yang kerjanya menggambar dengan detail lengkap, baik dimensi, simbol-simbol gambar dll, berdasarkan desain yang telah dibuat oleh design engineer. Jika dikaitkan dengan topik yang sedang saya bahas berarti, profesi yang kerjanya mmbuat gambar struktur baja yang hasilnya nanti digunakan sebagai panduan pabrikasi baja di pabrik dan proses pemasangan struktur baja di lapangan.

Jika dibanding dengan jaman dulu, profesi drafter struktur baja di masa sekarang ini lebih enak karena sudah ada banyak software yang bisa digunakan untuk membantu pekerjaan. Masih terbayang ketika saya dulu kuliah dan mendapatkan tugas untuk menggambar teknik. Saat itu saya memerlukan banyak sekali alat gambar, mulai dari pen gambar dengan beberapa ukuran, kertas gambar kalkir, alat mal huruf, sampai meja gambar. Dan sekarang semua itu tergantikan hanya dengan software komputer.

Ada beberapa software yang biasa dipakai oleh seorang drafter struktur baja dalam membantu menyelesaikan kerjaannya. Yang sering dipakai adalah AutoCAD dan Tekla. AutoCAD adalah software wajib yang harus dikuasai oleh seorang drafter, karena itu adalah software yang paling gampang dikuasai daripada software lainnya. Kalau software tekla adalah software yang lebih lengkap dan rumit, tapi bisa menyelesaikan kerjaan lebih cepat dan lebih banyak output yang dihasilkan, ada model 3D, gambar itu sendiri, estimasi tonnase berat struktur baja, sampai data yang bisa digunakan sebagai input ke mesin-mesin di pabrik asembli. Biasanya jika seorang drafter sudah menguasai software tekla, mereka menambahkan keterangan di CV mereka sebagai drafter tekla.

Freelance drafter Struktur Baja
Jika dibaca di artikel tadi, sepertinya profesi drafter lebih enak jika dilakukan secara freelance, karena kita bisa menentukan kapan kita bekerja kapan kita bisa melakukan hal lain. Jika kita bergabung ke perusahaan detailing, kemungkinan untuk bekerja sesuai yang telah ditetapkan (jam 8 pagi-5 sore) sangat kecil. Karena biasanya pekerjaan drafter tak ada habisnya, apalagi jika gambar desain dari design engineer masih mentah dan masih butuh banyak revisi. Butuh kerja keras untuk menyelesaikan karena terikat kontrak baik dengan perusahaan ataupun klien.

Jadi, jika sudah menguasai profesi drafter, maka lebih baik buka jasa freelance drafter struktur baja, disamping bekerja lebih fleksibel, kita bisa membuka lapangan kerja buat yang lainnya. Itu kesimpulan yang saya dapat dari membaca website ini.

Berhubung profesi saya hanya seorang Internet marketing, walaupun dulu kuliah di teknik, saya hanya bisa menyarankan ke saudara saya tadi, agar mengabdi dulu sampai menguasai ilmu ini, perbanyak koneksi dibidang drafter struktur baja dan kalau sudah menguasai segera buka jasa freelance drafter struktur baja saja.

No comments:

Post a Comment

Cara Cepat Jadi Developer Untuk Pemula (Klik dibawah ini)

the property developer,ebook property, buku properti,property,property estate,real estate property,management property,commercial