Tuesday, June 4, 2013

TERNYATA ! Pestisida Dapat Merusak Otak Lebah

Pestisida yang umum digunakan ternyata dapat merusak otak lebah madu. Para ilmuwan telah menemukan dua jenis zat kimia, yaitu neonicotinoids dan coumaphos, dapat mengganggu kemampuan lebah untuk belajar dan mengingat.


Percobaan menunjukkan bahwa paparan zat kimia tersebut juga menurunkan aktivitas otak, apalagi jika keduanya digunakan berkombinasi. Penelitian ini dipublikasikan melalui dua media, yaitu Nature Communications dan Journal of Experimental Biology.

Namun, perusahaan yang memproduksi zat kimia tersebut menyatakan, sesuai dengan kajian laboratorium, zat kimia ini tidak selalu mempengaruhi lebah di alam liar. Bahkan, laporan lain yang telah dipublikasikan oleh Defra's Food and Environment Research Agency (Fera) menyimpulkan, tidak ada hubungan antara kesehatan lebah dan paparan neonicotinoids.

Madu lebah di seluruh dunia sedang menghadapi masa depan yang tidak pasti. Mereka sedang terkena berbagai penyakit dan kehilangan habitat. Bahkan, di Amerika Serikat, lebah madu ini sedang terkena gangguan koloni yang misterius. Saat ini para peneliti sedang mempertanyakan apakah pestisida juga berperan dalam penurunan populasi lebah madu ini.

Untuk menyelidikinya, para ilmuwan mencermati pestisida umum, yaitu neonicotinoids, yang digunakan untuk mengendalikan hama pada tanaman. Selain itu, mereka juga mencermati bahan kimia organofosfat yang disebut coumaphos, yang digunakan untuk membunuh tungau Varroa, parasit yang menyerang lebah madu.

Penelitian ini dilakukan oleh tim peneliti dari University of Dundee, Skotlandia, yang mengungkapkan, jika pestisida langsung masuk ke otak lewat proses penyerbukan, dapat menyebabkan hilangnya aktivitas otak. "Kami menemukan neonicotinoids menyebabkan hiperaktivasi seperti tipe epilepsi. Ini diawali oleh proses inaktivasi saraf, di mana otak berjalan tenang dan tidak bisa berkomunikasi lagi. Efek yang sama juga terjadi ketika digunakan organofosfat," kata Dr Christopher Connolly.

Eksperimen juga dilakukan di Newcastle University, yang melakukan penelitian tentang perilaku lebah. Para peneliti menemukan, jika lebah terkena dua macam pestisida tadi, mereka tidak dapat belajar dan mengingat bau bunga bernektar manis.

Bisa dipastikan, jika pestisida tersebut sering digunakan, maka lebah-lebah tidak bisa menghasilkan madu yang maksimal, dan akibatnya produksi madu menurun, dan bisa jadi manfaat madu tidak dapat kita rasakan lagi di masa depan.

No comments:

Post a Comment

Cara Cepat Jadi Developer Untuk Pemula (Klik dibawah ini)

the property developer,ebook property, buku properti,property,property estate,real estate property,management property,commercial