Monday, July 29, 2013

Pelaksanaan Sholat Saat Perjalanan Mudik Lebaran


Sebentar lagi hari raya Idul Fitri akan tiba. Kebiasaan umat muslim di Indonesia ketika lebaran Idul Fitri adalah pulang kampung, alias mudik lebaran. Walaupun jauh jarak yang akan dilalui biasanya akan tetap ditempuh demi bisa berkumpul dengan kelarga di hari lebaran. Selain untuk silaturrahim bermaaf-maafan, kegiatan mudik lebaran merupakan ajang temu kangen karena lama tidak ketemu dengan sanak famili yang merantau jauh di sana.



Karena perjalanan yang ditempuh rata-rata lebih dari 80 km, Islam memudahkan umatnya dalam melakukan ibadah saat dalam perjalanan. Ibadah sholat fardhu/wajib, bisa dilakukan secara jama'(digabung) dan qashar (memangkas rokaat sholat).

Maksudnya, sholat jama' adalah menggabungkan sholat fardhu yang waktunya berdekatan, seperti dhuhur dan ashar, maghrib dan isya'. Sedang sholat qashar adalah memangkas rokaat sholat yang berjumlah 4 rokaat menjadi 2 rokaat, seperti sholat dhuhur, ashar dan isya' yang 4 rokaat, bisa dipangkas menjadi 2 rokaat saja.

Jika kita melakukan perjalanan menggunakan mobil pribadi bersama keluarga, dan memungkinkan untuk berhenti di mushola yang tersebar dipinggur jalan seperti di SPBU atau bisa di masjid. Maka sebaiknya kita merencanakan untuk berhenti dulu ketika waktunya sholat tiba, dan kemudian melakukan sholat tepat waktu. Sholat bisa dilakukan secara jama' dan qashar yang digabung bersama.

Jika menggunakan transportasi umum, seperti kereta api atau pesawat terbang yang tidak memungkinkan sholat di mushola/masjid, maka sholat bisa dilakukan di atas kendaraan dan diutamakan menghadap kiblat jika memungkinkan. Wudhu bisa diganti dengan tayammum, jika tidak tersedia air untuk wudhu.

Selain sholat, orang yang bepergian seperti mudik lebaran, juga diberi kemudahan untuk tidak melakukan puasa dihari itu, namun nanti wajib diganti di hari lain setelah hari lebaran sampai bulan romadhon tahun depannya sesuai berapa hari yang ditinggalkan.

No comments:

Post a Comment

Cara Cepat Jadi Developer Untuk Pemula (Klik dibawah ini)

the property developer,ebook property, buku properti,property,property estate,real estate property,management property,commercial